Tuesday, February 14, 2017

PANDUAN PEMASANGAN OPEN SCHOOL PADA LINUX

A. PENGERTIAN



Open School adalah aplikasi open source berbasis web untuk Management Sekolah. Aplikasi ini didesain untuk memudahkan siswa, guru, orang tua dan pihak sekolah untuk saling berinteraksi. Dan aplikasi manajemen sekolah ini dapat digunakan untuk mengontrol semua aktifitas yang ada pada sebuah sekolah. Penggabungan antara content management dan news management systems menjadikan aplikasi ini seperti halnya website portal pada umumnya. Dikarenakan berbasis web, sehingga aplikasi ini dapat diakses dari manapun diseluruh dunia yang mana memungkinkan siswa, guru, orangtua dan pihak sekolah dapat berinteraksi satu sama lain kapanpun dan dimanapun.

Software Manajemen Sekolah ini dapat membantu orang tua memonitor anak mereka darimanapun, walaupun para orang tua memiliki aktifitas yang sibuk. Mereka dapat mengecek prestasi akademik dari anak-anak mereka dari lokasi manapun. Mereka juga dapat melihat kehadiran siswa dalam berbagai format yakni harian, kehadiran bulanan atau total kehadiran. Begitu juga dengan laporan nilai yang dapat dilihat sesuai dengan format yang tersedia. Para siswa dapat mengirimkan tugas-tugas dan pekerjaan rumah (PR) dengan menggunakan aplikasi ini.  Fitur lainnya yang disediakan seperti online leave applications dapat diisi oleh siswa yang kemudian dapat dilihat oleh guru ketika mengambil absen harian. Jadwal pelajaran dan ruangan kelas dapat ditampilkan dengan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas forum yang mana dapat mengembangkan komunitas online antara guru dan siswa melalui internet untuk dapat berbagi ide dan lainnya.

B. LATAR BELAKANG

Disini saya ingin mencoba untuk membagikan cara memasang Open School pada Localhost.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Memberikan pengetahuan kepada para pembaca mengenai Open School.

D. WAKTU PELAKSANAAN

1 jam

E. ALAT DAN BAHAN

1 PC
Koneksi Internet

F. TATA PELAKSANAAN

Download Open Students disini.
Pindahkan file yang telah di Download tadi ke /var/www/html. Setelah itu beri hak akses chmod 777 pada file tersebut.


Buat folder lalu masukkan file tadi ke folder yang telah dibuat. Setelah itu Extract file nya.



Ketik cd ..

beri hak milik folder yang telah kita buat tadi.

Buat database di phpmyadmin anda.

Masuk ke localhost/Nama_folder_yang_telah_kita_buat_tadi di web browser.

Masuk ke bagian awal, isi email anda. Setelah selesai klik start.

Klik Next.

Masuk ke Environment Settings. Pada menu Database Name, isi sesuai dengan Database yang telah anda buat tadi. Untuk user name dan password, isi sesuai akun phpmyadmin anda. Setelah selesai klik next.

Masuk ke Database Setup, beri tanda pada Install example data. Setelah itu klik next.

Masuk ke Menu Register, isi sesuai identitas sekolah anda.

Open School telah berhasil dipasang. Untuk Username dan Password perlu dicatat untuk digunakan sebagai login untuk mengakses Open School. Klik pada Go to Site.

Masuk ke Login Open Students. Isikan username dan password tadi.

Aplikasi CMS Open Students siap untuk dioprek-oprek.


G. KESIMPULAN

Aplikasi CMS Open School digunakan untuk kebutuhan Sekolah seperti mendaftarkan Siswa, membuat Rapot Online, dan kebutuhan sekolah lainnya.

H. REFERENSI

https://open-school.org/

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com