Monday, March 20, 2017

CARA SETTING DNS AGAR PERMANENT

Halo Kawan-kawan

Kembali lagi bersama saya Admin dari KURNIA BLOG. Disini saya ingin menjelaskan tentang bagaimana cara agar DNS server kita atau DNS yang kita pakai untuk menjelajah internet bisa permanent pada PC /Laptop kita. Langsung saja kita mulai pembahasannya.


Pasti kita pernah mengalami, kenapa kita harus mengisikan DNS server kita di /etc/resolv.conf terus-meneris. Itu disebabkan karena ketika kita mengisikan DNS server kita di /etc/resolv.conf, itu bersifat tidak permanent. Untuk mempermanentkan DNS yang telah kita isi pada /etc/resolv.conf, ada 2 cara :

Cara yang pertama,

Disini kita akan mempermanenkan DNS yang telah diisi di /etc/resolv.conf degan menggunakan perintah chattr. Perintah chattr ini berfungsi agar ketika system kita di reboot, maka file yang telah kita konfigurasi dengan perintah chattr ini tidak akan terhapus konfigurasinya (jika konfigurasi tidak bersifat permanent seperi konfigurasi di /etc/resolv.conf). Atau dalam artian chattr ini memberikan hak akses bagi siapapun yang ingin mengedit file yang telah dikonfigurasikan dengan chattr ini tidak memiliki hak akses untuk merubahnya, termasuk system juga tidak dapat merubah atau menghapus konfigurasinya.

Perintah chattr ada 2, yaitu chattr +i dan chattr -i. untuk chattr +i digunakan untuk merubah sifat file yang sementara menjadi permanent atau bisa dibilang system tidak diberi ijin untuk menghapus konfiguasi yang telah dilakukan pada file tersebut. Untuk chattr -i adalah penghapusan hak akses yang telah dibuat oleh chattr +i. Karena ketika kita telah melakukan konfigurai chattr +i, maka kita tidak bisa mengedit konfigurasinya. Untuk mengeditnya, kita lakukan perintah chattr -i.

Untuk pengkonfigurasian kita bisa melihat cara dibawah :

Masuk ke /etc/resolv.conf dulu.


Isikan DNS yang ingin anda pakai.



Lalu lakukan perintah chattr +i /etc/resolv.conf untuk menghilangkan hak akses sistem agar tidak bisa menghapus konfigurasi didalamnya.


Cara yang kedua,

Untuk cara yang kedua dengan menggunakan paket resolvconf. Untuk konfigurasinya adalah :

Install paket resolvconf dulu.


Lalu masuk ke /etc/network/interfaces


Isikan DNS yang ingin dipakai. Isi dibagian kosong saja. Atau bisa juga diisi ditengah-tengah.



Kemudian masuk ke /etc/resolv.conf .


Isikan DNS yang ingin anda pakai.


Restart Konfigurasi Network kita.


Lalu coba reboot systemnya.


Cek lagi DNS nya apakah sudah permanent dengan masuk ke /etc/resolv.conf .



Degan melakukan perintah seperti diatas, maka DNS yang tadinya sementara kini telah permanent sifatnya.


Sekian yang dapat saya sampaikan untuk artikel kali ini. Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com