Wednesday, March 1, 2017

KONFIGURASI DNS DI DEBIAN 8


Assalamu'alaikum wr. wb.

Disini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengkonfigurasi DNS pada debian 8. Untuk pengertian DNS bisa lihat disini.

Langkah Kerja :

Ketikkan perintah dibawah pada terminal masing-masing
Lalu masuk ke folder /etc/bind
Edit file yang bernama named.conf.local
Untuk pengisiannya bisa menyesuaikan seperti gambar dibawah. Pada Zone pertama, isi domain anda dan juga jangan lupa typenya dibuat master. Untuk penyimpannnya ("file /etc/bind/db.edo";) taruh seperti itu. db.edo hanya opsional, bisa diganti-ganti. Pada Zone kedua, isi 3 oktet IP server dengan cara terbalik. Zone ini digunakan untuk meresolv domain kita nanti. Jangan lupa typenya dibuat master. Untuk penyimpannnya ("file /etc/bind/db.192";) taruh seperti itu. db.192 hanya opsional, bisa diganti-ganti.  Setelah selesai save konfigurasi tersebut.
Copy db.local menjadi db.edo (db.edo hanya opsional) dan db.127 menjadi db.192 (db.192 hanya opsional).
Edit file db.edo yang telah dicopy tadi.

Settingannya bisa menyesuaikan. Kata localhost diganti dengan domain kita. Untuk IP nya adalah IP Server. Setelah selesai jangan lupa di save.
Edit file db.192 yang telah dicopy tadi.
Settingannya bisa menyesuaikan. Kata localhost diganti dengan domain kita. Perlu diketahui dibagian pinggir terdapat angka 1. Itu adalah oktet ke 4 dari IP Server kita. Setelah selesai jangan lupa di save.
Masuk ke /etc/resolv.conf
Edit sesuai IP dan Domain anda.
Setelah konfigurasi selesai, restart bind9 anda.
Untuk mengetesnya bisa mengetikkan perintah nslookup domain_anda

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com