Saturday, March 18, 2017

MEMBUAT REPOSITORY LOKAL PADA DEBIAN 8

Halo Kawan-kawan

Kembali lagi bersama saya Admin dari KURNIA BLOG. Disini saya ingin menjelaskan tentang bagaimana cara pembuatan Repository Lokal pada Debian 8. Langsung saja kita mulai pembahasannya.



Apa itu Repository ?

Repository adalah gudang data yang menyimpan berbagai macam sumber daya yang digunakan pada distro-distro di linux. Dengan adanya Repository, pengguna Linux tidak perlu repot-repot untuk mencari sumber daya untuk Linux nya masing-masing. Karena dengan memasang repository yang cocok pada distro yang digunakan, maka kita bisa mendapatkan sumber daya yang ingin kita pakai.

Disini saya ingin memberikan bagaimana sih cara membuat Repository Lokal untuk Jaringan kita agar tidak perlu mencari kemana-mana khususnya untuk client kita nanti. Karena dengan membuat Repository pada srver lokal kita dengan bermodalkan DVD Distro masing-masing, kita bisa mendapat sumber daya yang cukup lengkap yang akan digunakan untuk keperluan Distro kita.

Pada proses pembuatannya pun cukup mudah. Kita hanya bermodal DVD lengkap dari masing-masing Distro. Dengan sedikit konfigurasi, kita sudah siap untuk menyediakan Repository lokal untuk client kita.

Alat tempur yang harus disediakan adalah :

1 PC Server, Disini saya menggunakan OS Debian 8 Jessie
DVD dari Distro Debian 8 Jessie Lengkap

Untuk konfigurasinya adalah sebagai berikut :

Pastikan DVD telah tersedia pada Server.


Lakukan penginstalan aplikasi pada gambar dibawah.


Lalu kita buat Folder untuk wadah repository kita nanti.


Lakukan Mount pada masing-masing DVD. Dengan catatan, pelaksanaan Mount per DVD harus dilakukan sebanyak 2 kali dan tempatkan masing-masing DVD ke folder DVD yang sama yang telah kita buat tadi (misal kita melakukan mount terhadap dvd 1, maka kita taruh tempatnya di /media/dvd1).







Setelah kita melakukan mount terhadap masing-masing dvd, pasti dalam folder yang telah di mount tadi terdapat folder pool. Folder pool ini kita rsync kan ke folder /repo/pool. Rsync ini dilakukan pada masing-masing DVD. Untuk perintahnya bisa dilakukan seperti gambar dibawah.




Masuk ke folder /repo


Kemudian yang kita lakukan setelah me-rsync, adalah melakukan pembuatan 2 paket, yaitu Packages.gz dan Sources.gz . Untuk perintahnya bisa dilakukan seperti gambar dibawah. Sacan ini memakan waktu beberapa menit, jadi harap bersabar saat menunggunya.



Lalu kita sudah selesai scannya, pindahkan ke 2 file tersebut. Untuk Packages.gz ditaruh ke folder /repo/dists/jessie/main/binary-amd64/ . Untuk Sources.gz ditaruh ke folder  /repo/dists/jessie/main/source/ . Untuk perintahnya bisa dilakukan seperti gambar dibawah.



Selanjutnya setelah selesai melakukan konfigurasi diatas. Buat link untuk folder /repo ke direktori /var/www/html/(namafolder). Karena disini saya membuat repository Debian 8.6, jadi saya membuat folder yang bernama debian86. Untuk nama folder bisa disesuaikan.


Kenapa harus dibuat link ?

Agar nantinya kita bisa mengakses Repository yang telah kita buat tadi melalui web atau langsung dari terminal.

Untuk pemasangan repository nya dipasang di /etc/apt/source.list . Untuk konfigurasinya bisa melihat gambar dibawah.


taruh repository yang telah kita buat tadi di bagian paling bawah dengan format penulisan seperti gambar dibawah :


http://192.168.100.1/debian86 . Untuk IPnya adalah IP server kita. Untuk debian86 adalah nama folder yang kita buat tadi di direktori /var/www/html .

Kita juga bisa melihat Repository kita via web dengan mengetikkan IPSERVER/NamaFolder pada web browser kita.



Untuk mengecek apakah Repository kita berhasil atau error, bisa melakukan perintah apt-get update pada terminal.



Gambar dibawah merupakan contoh konfigurasi yang berhasil.



Sekian yang dapat saya sampaikan untuk artikel kali ini. Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com