Thursday, March 16, 2017

TRUNKING SEDERHANA DENGAN KONSEP VLAN TO VLAN


Pengertian

Trunking adalah sebuah konsep dimana sistem komunikasi dapat menyediakan akses jaringan untuk banyak client dengan berbagi satu set garis atau frekuensi, tidak memberikan secara individu.

Latar Belakang

Kenapa harus Trunking? dengan sistem ini bisa dikatakan lebih aman karena pada konfigurasi mikrotik tidak mengandung adanya MAC Address yang muncul ketika client sedang terhubung dengan Mikrotik.

Maksud dan Tujuan

Disini saya ingin membagikan cara membangun trunking sederhana dengan vlan.

Alat dan Bahan

2 Mikrotik
2 Client
3 Kabel UTP

Langkah Kerja
  
Buat Topologinya dulu.

Hubungkan 2 mikrotik dengan interfaces yang sama.

Masuk ke Interfaces, Buat vlan dengan id yang sama pada kedua router tersebut. Dan juga pada interfaces nya pilih interfaces yang menghubungkan kedua router tersebut.


Masuk menu Bridge, klik Add.
Pada menu General, isi nama bridgenya, Lalu klik OK.


Masuk menu Ports, klik Add.
Yang pertama dilakukan, kita bridge dulu interfaces yang terhubung dengan client dengan bridge nya kita pilih interfaces bridge yang telah kita buat tadi. Setelah selesai klik OK.

Lalu tambah Ports lagi. kita bridge vlan yang telah dibuat tadi dan samakan bridgenya dengan interfaces yang terhubung dengan client. Setelah selesai klik OK.

Setting bridge ini dilakukan kepada kedua router yang saling terhubung tadi.
Lalu kedua client yang terhubung disetting IP nya. Samakan jaringannya.


Lalu coba tes dengan cara PING ip dari kedua client tersebut.


Referensi

https://alfredoeblog.wordpress.com/2012/11/06/pengertian-danA-konfigurasi-trunking/

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com