Monday, January 23, 2017

MENGENAL PEMBUATAN TOPOLOGI PADA SERVER

Perlu diketahui, untuk pebuatan topologi server sendiri bisa dibedakan menjadi 2, yaitu Mode Gateway dan Mode Standalone. Tentu saja kedua topologi tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Mari kita bahas kedua topologi tersebut.

Mode Gateway
Mode gateway disini maksudnya adalah server bertindak sebagai router dari interface publik maupun lokal. Fungsi dari mode gateway ini adalah server menjadi pembuka gerbang untuk Interface ISP dan interface lokal karena kedua interface tersebut jaringannya berbeda. Selain itu, Server disini bisa digunakan sebagai DNS Server, DHCP server, Proxy Server dan yang biasanya dilakukan oleh Router. Untuk topologi ini, minimal LAN Card yang harus dimiliki oleh Server adalah 2 buah.
Berikut adalah gambaran topologi nya :


Mode Standalone
Untuk mode ini, yang jadi pintu gerbangnya adalah mikrotik. Dan yang melakukan kegiatan seperti DNS Server, DHCP Server, Proxy Server, Firewall, dll juga yang menghubungkan Server dengan Client adalah Router. Jadi disini server hanya melayani client untuk hal-hal tertentu saja dan hanya butuh 1 Interface saja.
Berikut adalah gambaran topologi nya :


Referensi :
https://rozak774.blogspot.co.id/2016/11/perbedaan-komputer-standalone-dan.html

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com