Saturday, January 21, 2017

TENTANG SERVER


Apa itu Server?
Menurut Wikipedia, Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Lalu, apakah fungsi dan bagaimana cara kerja server itu sendiri?

Server berfungsi sebagai penyedia layanan dan sumber daya bagi para client. Seperti halnya para pelayan di restoran. Client akan meminta sebuah layanan tertentu pada server untuk sebuah kegiatan tertentu. Perlu diketahui, agar Server bisa tersambung dengan Client, perlu dilakukan yang namanya pembuatan topologi jaringan. Topologi ini berfungsi sebagai lalu lintas antara Server dengan Client.

Lalu, apa saja jenis-jenis Server ?

DNS (Domain Name Server)

Aplikasi service di internet yang menterjemahkan sebuah domain name ke IP address dari FQDN (Fany Qualified Domain Name).

DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protocol)
Protocol yang berbasis arsitektur client atau server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian IP address dalam jaringan.

WEB Server

Perangkat lunak server yang berfungsi sebagai menerima permintaan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dari client,dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk dokumen web.

Mail Server

Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atau permintaan yang dikirim via email,juga pada bitnet untuk layanan seperti FTP (File Transfer Protocol).

Proxy Server

Teknik standar untuk akses internet secara bersama-sama oleh beberapa komputer sekaligus dalam jaringan LAN  melalui sebuah modem atau saluran komunikasi.

Samba Server

Sebagai jembatan untuk menghubungkan dua sistem operasi berbeda dan digunakan untuk transfer data.

FTP Server

Untuk sharing file pada jaringan server atau client yang support TCP/IP.

SSH Server (Secure Shell)

Apalikasi server yang digunakan untuk meremot server atau eksekusi program.

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com